Delapan tahun sudah minecraft menemani para pecinta game sandbox dunia, pada 18 november 2011 lalu minecraft rilis di bawah naungan pengembang asal Swedia, Mojang, dengan pembuatnya bernama Markus Persson, game ini berfokus pada kretivitas dan pembangunan, dengan begitu pemain dapat menciptakan, mengubah, bahkan menghancurkan area permainan.
Permainan ini terbuka berakhir, artinya berakhirnya game ini ditentukan oleh pemainnya sendiri. minecraft sendiri tidak membatasi sampai kapan game ini berakhir. tidak juga membatasinya dengan jumlah level. Minecraft sudah diakui dan sangat dikenal oleh gamer di seluruh dunia, game ini sudah memenangi banyak penghargaan dan menjadi salah satu game terhebat sepanjang masa dan salah satu game yang berpengaruh didunia.
Sosial media, adaptasi, merchandise, parodi, dan lain sebagainya telah turut andil memperkenalkan dan mempopulerkan permainan ini. Adapun beberapa spin of yang dikembangkan dari permainan ini dari game minecraft versi pc (personal computer) sampai versi PE (Pocket Edition), minecraft story mode, minecraft earth, dan minecraft dungeon.
Selanjutnya yang terakhir adalah enderdragon, pemain bisa kembali ke alam semesta atau pergi ke endcity dan endship tempat dimana player mendapatkan elytra atau semacam tambang. Didalam game ini memiliki lima mode permainan yaitu: Survival, Adventure, Hardcore, dan Mode Penonton. Selain itu ada juga 4 tingkatan kesulitan yang dapat diubah sesuai dengan keinginan player dari peaceful, easy, normal, dan hard.
Keunikan game ini ialah dipenuhinya dengan bukit, gunung, hutan, danau, laut dan keanegaraman hayati dan berbagai macam hewan ada. Pemainnya dapat menciptakan bangunan dari berbagai macam blok ada yang dari tanah, kayu, dan batu.
Blok tersebut bila di satukan satu sama lain dapat membentuk suatu struktur. Didalam game minecraft ini sendiri diperkirakan terdapat 18 quintillion dunia alternatif di minecraft (quintillion adalah salah satu nama bilangan diatas triliyun, kalau saya sih tidak bisa membayangkan angka ini karena 18 quintillion ini jika berwujud angka yaitu 18.000.000.000.000.000.000)
Seorang antropolog budaya di University of California bernama Mimi Ito menemukan bahwa anak-anak yang bermain game seperti minecraft ini mereka biasanya mempunyai rasa ingin tahu lebih banyak sehingga mereka mencari "pencerahan" di forum-forum internet.
Di dalam forum tersebut terdapat interaksi yang baik ketika mencari tahu tersebut. dari situ terdapat sebuah transfer ilmu antar pemain atau pemain dengan profesional seperti teknisi komputer misalkan.
Di dalam forum tersebut terdapat interaksi yang baik ketika mencari tahu tersebut. dari situ terdapat sebuah transfer ilmu antar pemain atau pemain dengan profesional seperti teknisi komputer misalkan.
Ada beberapa proyek yang bisa menyertakan minecraft ini, Cross Pond Collaboration pernah menggunakan game minecraft ini untuk mencipta ulang Verona. Phsys.org pernah memberitakan bahwa sejak 2013 sekolah-sekolah di AS dan Swedia menggunakan game minecraft ini sebagai media untuk pembelajaran seperti sains, bahasa asing, bahkan untuk perencanaan kota.
Dalam perjalanan game ini di usia yang ketiga, perusahaan raksasa di bidang teknologi, microsoft, meminang Minecraft beserta Mojangnya dengan harga US$ 2.5 Milyar. Harga yang cukup besar diluar betapa betapa bagusnya game ini.
Dalam perjalanan game ini di usia yang ketiga, perusahaan raksasa di bidang teknologi, microsoft, meminang Minecraft beserta Mojangnya dengan harga US$ 2.5 Milyar. Harga yang cukup besar diluar betapa betapa bagusnya game ini.
Lalu untuk apa microsoft membeli minecraft dengan harga tersebut ?
Video game menjadi sebuah pangsa pasar tersendiri, dunia digital khususnya game dapat menghabiskan waktu dan uang adalah video game. Hal tersebut tergambarkan oleh pemain game tersebut yang lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam game dan beberapa hal yang membuat pemain terpengaruh untuk membeli game atau membeli item di dalam game.
Jika Sony memiliki konsol game bernama Playstation, Microsoft juga punya konsol game bernama Xbox One. Dalam segi penjualan memang sony lebih unggul di banding microsoft. Tahun 2018 PlayStation bisa terjual sebanyak 17,8 juta unit sedangkan Xbox One terjual sebanyak 6,96 juta unit.
Nilai pasar video game tahun ini berada dikisaran angka $151,9 miliar dan kemungkinan besar beberapa tahun kedepan angkanya pasti terus bertambah. Banyak perusahaan game yang berlomba-lomba untuk menggigit manisnya dunia video game ini. Jika microsoft ingin memperoleh porsi besar dengan video game maka microsoft bertindak ekstra.
Nilai pasar video game tahun ini berada dikisaran angka $151,9 miliar dan kemungkinan besar beberapa tahun kedepan angkanya pasti terus bertambah. Banyak perusahaan game yang berlomba-lomba untuk menggigit manisnya dunia video game ini. Jika microsoft ingin memperoleh porsi besar dengan video game maka microsoft bertindak ekstra.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar